Fungsi dan Jenis Sistem Pengapian Sepeda Motor
Sistim pengapian (ignition),
umumnya merupakan rangkaian-rangkaian komponen: saklar kontak, koil, platina,
kondensor, dan busi. Fungsi pengapian pada sepeda motor adalah untuk membakar
campuran bensin dan udara, yang berupa kabut atau gas di ruang bakar (silinder)
pada saat langkah torak atau pada saat akhir langkah kompresi. Perjalanan
torak.
Akibat tekanan gas ini
dikenal dengan nama langkah usaha/ langkah kerja. Syarat utama untuk
sempurnanya sistim pengapian adalah harus ada arus listrik tegangan tinggi,
yang diambil menjadi loncatan api pada busi di dalam waktu dan posisi yang
tepat, beberapa derajat poros engkol sebelum Titik Mati Atas (TMA) pada langkah
kompresi, yang terakhir adalah komponen-komponen sistem pengapiannya harus kuat
dan tahan lama.
Sistim pengapian yang
digunakan pada sepeda motor secara umum dapat diklasifikasikan sampai saat ini
ada tiga macam:
1. Sistim pengapian Baterai
2. Sistim pengapian Magnet
3. Sistim pengapian Elektronik (CDI)
0 komentar :
Posting Komentar